KEMAJUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP PERADABAN MANUSIA



Oleh : Admin

A.       Latar Belakang
Peradaban pada manusia tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ilmu pengetahuan akan memberikan wawasan keilmuan, sosial dan budaya yang dapat membentuk peradaban manusia.Hampir semua tentang manusia dan kehidupannya, selalu berhubungan dengan komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses dimana pihak-pihak peserta saling berinteraksi dengan tujuan untuk mencapai pengertian bersama yang lebih baik mengenai masalah yang penting bagi semua pihak, dan teknologi adalah alat yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja atau struktur atau sistem dimana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan seseorang.[1]
Seperti yang kita lihat dewasa ini, banyak sekali perubahan yang terjadi di bidang teknologi komunikasi. Dimulai dari bentuk teknologi komunikasi yang sederhana sampai pada teknologi komunikasi elekronik. Perubahan atau kemajuan perkembangan teknologi komunikasi dapat terlihat pada abad 20 sekarang ini yang mana dampak dari kemajuan teknologi komunikasi ini dapat merembes pada kehidupan manusia itu sendiri. Kemajuan teknologi komunikasi yang telah merembes pada kehidupan manusia  tersebut tidak hanya terjadi dikalangan kaum dewasa saja bahkan dikalangan remaja sampai kekalangan anak-anak sekalipun tidak luput dari perkembangan kemajuan teknologi komunikasi terutama teknologi komunikasi yang saat ini menjadi trend dimasyarakat adalah smartphone.
       Perkembangan teknologi komunikasi ini telah membawa perubahan yangcukup signifikan pada kehidupan manusia, misalnya saja dari teknologi komunikasi yang diawali dengan komunikasi mulut kemulut, media cetak, TV, radio, pager, telephone, faxmile, HP bahkan sampai smartphone. Dari masing-masing perkembangan kemajuan teknologi ini dapat membentuk karakter manusia.
Dapat kita lihat dari kemajuan teknologi yang namanya smartphone. Smarphone tersebut kini tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi dan mengetikshort messages service (SMS) saja, namun sekarang digunakan sebagai perangkat yang penting dalam proses pengerjaan suatu pekerjaan hingga dalam proses pengambilan keputusan penting. Maka dari itu Teknologi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari mengingat sekarang sudah jaman globalisasi yang serba instan, kalau kita tidak mengikutinya atau tidak terpengaruh maka kita akan ketinggalan jaman atau informasi. Tetapi dari semua itu pasti ada dampak negatif dan positifnya dari sebuah teknologi.
Semakin modern kehidupan manusia, arus teknologi komunikasi menjadi semakin majemuk dan global sifatnya. Manusia tidak dapat melakukan seleksi informasi dengan baik apabila tidak dibarengi dengan motivasi yang tepat, sehingga pada gilirannya  akan merubah peradaban manusia yang dibentuk oleh wawasan keilmuannya serta wawasan sosial dan budayanya.
Jika kita lihat dari perkembangan teknologi komunikasi ini diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan teknologi inilah yang membentuk  pola kehidupan manusia seperti apa yang dikatakan oleh Marxell Mc Lucan bahwa teknologi komunikasi adalah faktor utama perubahan masyarakat. Berdasarkan hal itulah saya mengambil judul makalah Kemajuan  Teknologi Komunikasi Terhadap Perubahan Peradaban  Manusia.
Terkait dengan judul diatas, maka pembahasan makalah ini akan membahas apa itu pengertian teknologi komunikasi, peradaban manusia, bagaimana perkembangan teknologi komunikasi dan bagaimana pengaruh kemajuan teknologi komunikasi dengan peradaban manusia.

B.  Pengertian  Teknologi Komunikasi Dan Peradaban Manusia
1.Pengertian Teknologi Komunikasi
Istilah teknologi berasal dari kata technedanlogia. KataYunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang memiliki keterampilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi semakin tetap karena menunjukkan suatu pola, langkah, dan metode yang pasti, keterampilan itu lalu menjadi teknik. Tujuan tertentu ini antara lain untuk pemecahan suatu masalah (problem solving), untuk menghasilkan suatu produk, dan sebagainya.[2]
Dalam kepustakaan teknologi terdapat aneka ragam pendapat yang menyatakan bahwa teknologi adalah transformasi (perubahan bentuk) dari alam, teknologi adalah realitas yang diperoleh dari dunia ide, teknologi dalam subjektik adalah keselurahan peralatan dan prosedur yang disempurnakan sampai pernyataan bahwa teknologi adalah segala hal dan segala hal adalah teknologi. Sedangkan pengertian teknologi menurut pandangan ahli sosiologi dan sejarah  yaitu:
Ahli sosiologi Manuel Castells seperti dikutip Capra mendefinisikan teknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.
Akan tetapi, dijelaskan oleh Capra (107) teknologi jauh lebih tua daripada sains. Asal-usulnya pada pembuatan alat berada jauh di awal spesies manusia, yaitu ketika bahasa, kesadaran reflektif dan kemampuan membuat alat berevolusi bersamaan. Sesuai dengannya, spesies manusia pertama diberi nama Homo habilis (manusia terampil) untuk menunjukkan kemampuannya membuat alat-alat canggih.
Dari perspektif sejarah, seperti digambarkan oleh Toynbee teknologi merupakan salah satu ciri khusus kemuliaan manusia bahwa dirinya tidak hidup dengan makanan semata. Teknologi merupakan cahaya yang menerangi sebagian sisi non material kehidupan manusia. Teknologi, lanjut Toynbee merupakan syarat yang memungkinkan konstituen-konstituen non material kehidupan manusia, yaitu perasaan dan pikiran , institusi, ide dan idealnya. Teknologi adalah sebuah manifestasi langsung dari bukti kecerdasan manusia.[3]
Dari pandangan ahli sosiologi dan sejarah menjelaskan bahwa teknologi berkembang lebih jauh dari yang dipahami sebagai susunan pengetahuan untuk mencapai tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang dibuat atau diimplementasikan serta metode untuk membuat atau mengimplementasikannya. Dua pengertian di atas telah digantikan oleh interpretasi teknologi sebagai pengendali lingkungan seperti kekuasaan politik di mana kebangkitan teknologi Barat telah menaklukkan dunia dan sekarang telah digunakan di era dunia baru yang lebih ganas.
Dengan demikian teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Secara lebih umum dapatlah dikatatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan dan sampai pada permulaan abadke-XX ini ,istilah teknologi telah dipakai secara umum dan merangkum suatu rangkaian sarana, proses, dan ide disamping alat-alat dan mesin-mesin. Perluasan arti itu berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad ini muncul perumusan teknologi sebagai sarana atau aktivitas yang dengannya manusia berusaha mengubah atau menangani lingkungannya.
Sedangkan pengertian komunikasi adalah  ilmu dasar dari semua ilmu. Manusia hidup bergantung satu dengan lainnya, tanpa komunikasi manusia tidak akan dapat melanjutkan kehidupannya. Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan hanya untuk reproduksi. Seiring dengan berjalannya waktu, maka sinyal-sinyal tersebut juga ikut berevolusi dan membuka peluang untuk terjadi perubahan yang lebih beragam. Manusia berkomunikasi untuk berbagi informasi dan pengalaman. [4]
Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif, transaktif, bertujuan, atau tidak bertujuan. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima pesan tersebut. Komunikasi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang berkembang dengan sangat cepat seperti radio, televisi, telepon, satelit dan jaringan komputer seiring dengan modernisasi yang terjadi di dunia ini. Berikut ini adalah pendapat dari beberapa ahli mengenai definisi komunikasi :
  •  Wilbur Schramm Menyatakan komunikasi sebagai suatu proses berbagi(sharing process). Schramm mendefinisikannya sebagai berikut :“ Komunikasi berasal dari kata-kata (bahasa) Latin communis yangberarti umum (common) atau bersama. Hakikat sebuah komunikasiadalah usaha membuat penerima atau pemberi komunikasi memilikipengertian atau pemahaman yang sama terhadap pesan tertentu” .
  •  Pakar komunikasi lainnya, Joseph A Devito mengemukakan komunikasi sebagai transaksi. Transaksi yang dimaksudkannya bahwa komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen-komponennya saling terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan. Dalam setiap proses transaksi, setiap elemenberkaitan secara integral dengan elemen lain.
  • Berelson dan Stainer Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaansimbol-simbol seperti kata- kata, gambar-gambar, angka-angka dan  lain -lain.[5]
Dilihat dari beberapa definisi komunikasi menurut para ahli diatasdapat disimpulkan bahwa tiap ahli memiliki pandangan masing-masing mengenai definisi komunikasi. Komunikasi terlihat sebagai kata yang abstrak sehingga memiliki banyak arti. Sehingga untuk menetapkan satu definisi tunggal tidaklah mudah. Namun komunikasi selalu dikaitkan dengan adanya satu pesan atau informasi yang dikirim oleh sumber tertentu melalui media tertentu kepada penerima, atau biasa disebut komunikasi dalam konteks dan situasi tertentu untuk mencapai tujuan. Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang memindahkan pemicu untuk mengubah tingkah laku orang lain.
Berdasarkan pengertian dari teknologi yang telah dipaparkan diatas begitu juga dengan pengertian komunikasi maka dengan itu dapat disimpulkan bahwa yang dikatakan dengan teknologi komunikasi adalah sebuah alat atau perangkat yang menggabungkan aspek sosial yang memungkinkan setiap individu dapat mendapatkan, mengirimkan, dan saling bertukar informasi dengan individu-individu lainnya. Dengan begitu, setiap individu dapat mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan teknologi komunikasi.
Teknologi komunikasi menekankan pada penggunaan perangkat teknologi elektronika yang lebih menekankan pada aspek ketercapaian tujuan dalam proses komunikasi, sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria komunikasi yang efektif. Sebagai contoh salah satu aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah videoconference, yang menggunakan teknologi informasi untuk menghubungkan (networking) antar clien dengan fasilitas internet, pesan-pesan yang disampaikan oleh kedua belah pihak diterima, diolah, dianalisis dan ditrasmisikan, oleh teknologi informasi sehingga sampai pada masing-masing pihak melalui internet dengan jaringan satelit atau kabel. Peran teknologi komunikasi adalah mengatur mekanisme komunikasi antar kedua belah pihak dengan cara desain komunikasi yang sesuai, visualisasi jelas, pesan teks, suara, video memenuhi standar komunikasi, pengaturan feed back sehingga komunikasi berlangsung menjadi dua arah.

2. Pengertian Peradaban Manusia
Istilah peradaban dalam bahasa Inggris disebut Civilization dan culture. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Sementara itu, dalam bahasa Arab disebut dengan tsaqafah untuk kebudayaan dan tamaddun untuk peradaban.[6]
       Definisi peradaban menurut Koentjaraningrat menyatakan bahwa peradaban merupakan bagian dari unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai system teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks.
Prof. Dr. Nurcholis Madjid ( Islam Dan Pluralism ) menggunakan  istilah civilization (peradaban) merupakan prinsip - prinsip yang di buat bersama oleh mansyarakat, dan menjadi hukum yang di tunduki secara bersama pula.[7]
Ibnu Khaldun (1332-1406 M) melihat peradaban sebagai organisasi sosial manusia, kelanjutan dari proses tamaddun (semacam urbanisasi), lewat ashabiyah (group feeling), merupakan keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain, tetapi tidak monolitik dengan sendirinya. Pendekatan terhadap peradaban bisa dilakukan dengan menggunakan organisasi sosial, kebudayaan, cara berkehidupan yang sudah maju, termasuk system IPTEK dan pemerintahannya.[8]
Secara bahasa manusia berasal dari kata “manu” (Sansekerta), “mens” (Latin), yang berarti berpikir, berakal budi atau makhluk ang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain). Secara istilah manusia dapat diartikan sebuah konsep atau sebuah fakta, sebuah gagasan atau realitas, sebuah kelompok (genus) atau seorang individu.
Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.Pengertian Manusia Menurut Para Ahli
1.      Nicolaus D. & A. Sudiarja manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
2.      Abineno J. I manusia adalah “tubuh yang berjiwa” dan bukan “jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana”.
3.      Upanisads manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik.
4.      Sokrates manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.
5.      Kees Bertens manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan.
6.      I Wayan Watra manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.
7.   Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.
8.    Erbe Sentanu manusia adalah mahluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk yang lain.
9.      Paula J. C & Janet W. K manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.[9]
Dengan demikian yang dikatakan dengan peradaban manusia merupakan kebudayaan pada manusia, kelanjutan dari proses tamaddun (semacam urbanisasi), lewat ashabiyah (group feeling), merupakan keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain, tetapi tidak monolitik dengan sendirinya.
C.     Perkembangan Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi.Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, beberapa alat komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone.
Dengan diiringi perkembangan teknologi informasi, teknologi komunikasipun berkembang secara pesat. Muncullah istilah seperti teknologi komunikasi cyber yang memungkinkan kita dapat menggunakan teknologi komunikasi baru lagi. Contoh teknologi komunikasi yang menggunakan teknologi cyber atau internet adalah e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Teknologi Komunikasi yang seperti itulah yang sekarang digunakan di mana-mana. Perkembangan teknologi komunikasi Everett M Rogers menyebutkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi melalui empat era, yaitu :
a. era komunikasi tulisan (4000 SM-hingga kini)
b. era komunikasi cetak (1456- hingga kini)
c. era telekomunikasi (1844- hingga kini)
d. era komunikasi interaktif (1946- hingga kini)
Namun bila merujuk pada perkembangan teknologi secara keseluruhan maka perkembangan teknologi komunikasi dapat disusun dalam garis besar sejarah perkembangan teknologi komunikasi yang tersusun secara periodik melalui empat tahap seperti di paparkan dibawah ini :
a. Jaman pra-sejarah
b. Jaman transisi
c. Jaman revolusi industri dan pasca revolusi industri
d. Jaman modern[10]

1.Tahap-Tahap Perkembangan Teknologi
1.1.Perkembangan teknologi komunikasi jaman Pra-sejarah
a.Tahap Memori Aiding Stage  (> 20.000 SM)
Pada tahap ini manusia masih berada dalam tatanan jaman primitif. Mereka masih tinggal di gua-gua dengan mengandalkan hidup sepenuhnya pada alam. Mereka belum mengenal sistem hidup bermasyarakat, belum mengenal cara bertani. Komunikasi diantara mereka sebatas hanya pada anggota  kelompok mereka. Jadi boleh dikatakan komunikasi hanya diarahkan pada inter kelompok dan belum antar kelompok. Di dalam oleh komunikasinya mereka hanya sebatas menggunakan alat bantu yang ada pada tubuhnya, yang diwujudkan dalam bentuk bahasa isyarat atau sering juga disebut dengan Body language. Mereka belum mengenal bahasa verbal, apalagi alat bantu lain dalam proses komunikasinya.
b.      Tahap Pictorial Era Periode
Pada tahap ini selangkah peradaban dan kebudayaan mereka tambah maju. Komunikasi tidak saja sebatas anggota dalam kelompoknya, akan tetapi juga telah meluas sampai pada kelompok yang lain. Jadi tidak lagi inter kelompok, tetapi sudah antar kelompok. Walaupun sederhana mereka sudah mengenal sistem hidup bermasyarakat, bercocok tanam dan juga masih berburu binatang. Diperkirakan oleh para ahli, pada tahap ini mereka juga sudah mengenal bahasa verbal atau bahasa ucap (walaupun juga masih serhana).
Salah satu kemajuan lainnya yang dicapai peradaban masyarakat pada masa ini ialah dengan diciptakannya lambang-lambang visual sebagai alat bantu mereka didalam proses komunikasinya. Alat bantu visual tadi berupa gambar-gambar binatang yang peninggalannya banyak diketemukan di dinding-dinding gua misalnya : gua Lascaux (Dordogne,Perancis), gua Altamira, Arana (Spanyol), gua Addayra (Sissilia, Itali) dan lain sebagainya. Lukisan-lukisan tadi menurut analisa ahli arkeologi berasal dari jaman Palaeolitichum (20.000-10.000 SM).Adanya lukisan-lukisan tadi maka diperkirakan sejak saat itu manusia telah mulai dapatmemformulasikan pesan-pesan dengan menggunakan media bantu simbol Visual dengan kategori yang sederhana
c.       Tahap Ideographic Stage
Peradaban komunikasi khususnya dan manusia pada umumnya mulai selangkah lagi lebih maju. Pada masa ini manusia didalam sistem kemasyarakatannya mulai teratur, mengenal sistem bangunan, sistem pengairan pertanian dan juga sistem sistem komunikasi yang baik. Kalau pada tahap sebelumnya symbol visual digambarkan dalam bentuk binatang, pada tahap ini mereka telah dapat memformulasikan huruf-huruf sebagai lambang visualnya. Huruf-huruf sebagai lambang komunikasinya disebut dengan Huruf Ideogram.[11]
d. Phonetic Stage
Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya alat bantu yang dipakai manusia dalam berkomunikasi. Karena pada tahap inilah manusia dapat menyusun abjad huruf seperti apa yang kita kenal saat ini. Abjad yang tersusun secara teratur saat ini berasal dari tulisan yang tidak berabjad secara teratur yang diketemukan situs dipulau Kreta, pusat kebudayaan Minea kuno.
Seorang sarjana archeologi Inggris, Sir Arthur Evons, menemukan peninggalan tulisan berbentuk baris dari tahun 1700-1550 SM. Tulisan tadi dibagi dalam bentuk A dan B. Dari bentuk Alpha dan Betha tadi maka seiring dengan kemajuan peradaban dan kebudayaan manusia muncullah apa yang kita kenal dengan istilah “Alphabet”.[12] Disamping diketemukan Alphabet, pada tahap ini manusia juga telah menemukan media sebagai cikal bakal media massa dalam proses komunikasi manusia. Media itu adalah bernama Acta Diurna.[13]
2.1.Perkembangan Teknologi Komunikasi Massa Transisi (1100-1750)
Masa ini adalah masa antara runtuhnya kekaisaran Romawi hingga ditemukannya mesin uap tahun 1750 (revolusi industri). Pada masa tersebut Eropa dikuasai bangsa Babar sehingga tidak ada catatan tentang perkembangan teknologi komunikasi. Hanya saja di Cina ditemukan bahwa tahun 1190 telah ditemukan tulisan-tulisan dalam bentuk buku.
Setelah mengalami kelambatan akibat dijajah maka pada abad ke 14 muncul beberapa pabrik kertas di Eropa yang mengacu pada teknologi yang dimiliki bangsa China. Munculnya pabrik kertas muncul pula surat kabar yang ditulis dengan tulisan tangan seperti Strange News di Ingris, Gazetta di Itali, Nova di Perancis. Pada tahun 1440 seorang bangsa Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak yang menjadi tonggak berlakunya komunikasi menggunakan simbol-simbol tercetak. Tahun 1452 Gutenberg telah menggunakan plat metal untuk sistem mesin cetaknya yang terdiri dari 42 baris.
3.1  Perkembangan Teknologi Komunikasi Massa dan Pasca Revolusi Industri (1750-1900)
Pada masa ini tonggak sejarah perkembangan teknologi komunikasi didahului dengan ditemukannya mesin uap oleh James watt. Pengunaannya pada tahun 1785 dalam industri menimbulkan massifikasi produksi yang memaksa pencarian raw material secara ekspansi ke luar Eropa. Melalui ekspansi ke luar Eropa tersebut menimbulkan kesadaran akan teknologi yang mampu mengatasi jarak ruang dan waktu. Teknologi yang pertama masa ini adalah dengan ditemukannya Mesin telegraf oleh Morse pada tahun 1832.
4.1 Perkembangan teknologi komunikasi jaman modern (1940- sekarang )
Jaman modern merupakan jaman ketika komunikasi sudah mulai menyatukan manusia di berbagai belahan dunia tanpa terhalangi oleh jarak, ruang dan waktu. Era ini mulai muncul ketika tahun 1942 ditemukan komputer mainframe pertama di Philadelphia Amerika Serikat yang disebut sebagai ENIAC ( electronic numerical integrator and calculator ).
Lompatan yang menakjubkan pada jaman ini adalah ditemukannya media yang disebut sebagai “multi media” yaitu perpaduan tiga teknologi utama yaitu telepon, komputer dan televisi atau dalam istilah lain disebut sebagai pertemuan 2 C yaitu computer and communication.
Penemuan multi media ini membawa perubahan pada perilaku komunikasi yang dilakukan sehingga komunikan yang tadinya bersifat pasif menjadi bersifat aktif dengan dapat segera memberikan feedback terhadap informasi yang diterimanya tersebut. Munculah kemudian istilah interactive multi mediayang menjadikan jaman modern ini sebagai masa komunikasi interaktif.[14]

2.  Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi
    2.1. Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi Modern (Elektronik)
Komunikasi adalah aktifitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pekembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan orang itu sendiri. Dibalik perkembangan komunikasi, teknologi komunikasinya pun juga mengalami perkembangan dengan pesat. Dan inilah daftarJenis-Jenis Teknologi Komunikasi.
1.      Telephone
Telepon adalah sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Pengirim Informasinya melalui sinyal listrik, dengan menggunakanjaringan kabel. Telepon merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Asal-usul dari kata telepon sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu tele artinya jauh dan phoneartinya suara. Telepon pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai era ini, teknologi yang satu ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat.
2.       Handphone
 Handphone atau biasa disebut telepon genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel
, wireless). Hanphone digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya handphone juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat handphone pun semakin praktis. HP bentuknya praktis untuk dibawa kemana pun dengan model yang bervariasi. Di era teknologi canggih ini, fungsi HP semakin berkembang. HP tidak hanya untuk berbicara satu sama lain dengan jarak jauh. HP juga digunakan untuk mendengarkan radio, melihat televisi, mendengarkan musik, berfoto, merekam video, atau mengirim foto dan video. Kamu juga dapat mengirim dan menerima tulisan atau gambar berupa pesan singkat yang disebut SMS (Short Message Service) dan MMS (Multimedia Message Service). Bahkan dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan GPRS (General Packet Radio Service), HP dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk browsing internet. Data  HP dibedakan menjadi 2  macam, yaitu:
1)
 GSM atau (Global System for Mobile Communication)
        Pada sistem GSM, suara dan data yang dikirimkan berdasarkan satuan waktu (timeslot). Artinya, penggunaan saluran frekuensi menggunakan batasan waktu. Kelebihan dari sistem GSM adalah mempunyai kualitas komunikasi yang lebih stabil. Sedangkan kekurangannya adalah sulit untuk melakukan panggilan atau menerima
 panggilan ketika jaringan sudah penuh.
2)
 CDMA (Code Devision Multiple Access)
        Pada sistem CDMA, suara dan data yang dikirimkan dengan menggunakan kode-kode tertentu. Kode-kode ini untuk mengatur setiap panggilan. Jadi, CDMA tidak memiliki frekuensi khusus pada setiap pemakai. Kelebihan dari sistem CDMA adalah mempunyai kapasitas jaringan yang besar sehingga walaupun digunakan secara bersama-sama tetap mempunyai konektivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangannya
 adalah kualitas komunikasi yang tidak stabil.
3.  Faximile
     Faximile adalah alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila
 pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini.
4.  Telegraph
   Telegraf merupakan sebuah mesin
atau alat yang menggunakan teknologi telegraf untuk mengirim da menerima pesan dari jarak jauh.
5. Email atau Messenger
    Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu
 alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
6.  Surat Pos
     Surat pos merupakan media pengiriman surat biasa melalui jasa pengiriman paket pos. Mungkin bagi beberapa orang akan sedikit bingung antara peralatan komunikasi dan informasi. Secara mudahnya peralatan informasi adalah sebagai sarana menyampaikan informasi atau data dari satu orang ke orang lain. Sedangkan sarana peralatan komunikasi adalah sarana untuk berkomunikasi.

2.2.Peralatan Komunikasi Zaman Dahulu
1.
 Lonceng
         Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyarakat dan sebagai penanda waktu. Lonceng juga digunakan oleh umat Kristiani untuk memberi tanda waktu beribadah, biasanya dibunyikan tiga kali, pada pukul 06.00, 12.00, dan 18.00. Lonceng digunakan pertama kali dalam gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi, dan dianggap diperkenalkan oleh Paulinus, Uskup Nola, sebuah kota di Campania, Italia. Penggunaannya menyebar luas dengan cepat dan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan umat dalam acara keagamaan,
 tetapi juga sebagai peringatan ketika ada bahaya.
2.
 Asap
        Suku bangsa Indian Amerika menggunakan asap sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sukunya ataupun kepada suku lainnya. Biasanya, asap digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia. Kepulan asap mengandung makna-makna tertentu yang hanya dapat dibaca oleh suku-suku di Indian, seperti kepulan satu kali yang berarti peringatan. Ketika mereka berperang juga menggunakan
 asap untuk berkomunikasi dengan lawan.
3. Merpati Pos
        Mungkin merpati pos, kita semua sudah tahu kegunaannya pada masa lalu. Bukan hanya pada masa perang tapi sejak zaman dulu merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia. Sementara burung kenari dimanfaatkan untuk mendeteksi serangan gas beracun pada
 Perang Dunia I.
4.
 Kentongan
         Kentongan merupakan media komunikasi di masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Biasanya, kentongan digunakan untuk memberitahu warga sebagai suatu peringatan telah terjadi sesuatu, misalnya kebakaran, kemalingan, dan bencana alam. Pada zaman kerajaan di nusantara, kentongan dan alat sejenisnya, seperti gong digunakan untuk mengumpulkan rakyat. Biasanya pukulan kentongan ini untuk memberikan suatu pengumuman kepada rakyat. Orang-orang yang mendengar suara kentongan dengan bergegas berkumpul untuk mendengarkan informasi, berita atau pengumuman. Dalam penggunaannya, untuk setiap daerah bunyi kentongan tidak memiliki standar yang baku. Setiap daerah memiliki kode atau arti tertentu terhadap suara kentongan, misalnya suara kentongan yang dipukul beberapa kali dengan cepat menandakan adanya bahaya kebanjiran atau kemalingan. Ditempat-tempat ibadah masih pula menggunakan peralatan tradisional
 sejenis kentongan seperti beduk dan lonceng.

5. Daun Lontar
        Kegiatan komunikasi pada masa lalu sudah menggunakan bahasa tulis pada media seperti, tulang hewan, prasasti dan daun lontar. Di Indonesia kegiatan surat menyurat telah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan Hindu seperti, Pajajaran, Mataram, Majapahit, Kutai, Mataram dan Sriwijaya. Biasanya, untuk berkirim surat kepada negeri tetangganya, pihak kerajaan menggunakan media daun lontar, kulit kayu dan kulit hewan, tulang hewan, dan lempengan batu. Umumnya media komunikasi yang digunakan adalah dengan daun lontar, dengan alasan daun lontar sangat mudah didapatkan
.[15]

D.     Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Dengan Peradaban Manusia
Teknologi komunikasi adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan komunikasi. Rogers, 1986 mendefenisikan teknologi komunikasi sebagai “alat perangkat keras, struktur organisasi dan nilai-nilai sosial yang digunakan, untuk mengumpulkan, memproses, dan mempertukarkan informasi dengan orang lain”. [16]
Perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini berlangsung demikian pesatnya sehingga para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu revolusi. Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam perjalanannya, tapi sejak sekarang sudah dapat diperkirakan terjadinya berbagai perubahan di bidang komunikasi maupun di bidang-bidang kehidupan lain yang berhubungan, sebagai implikasi dari perkembangan keadaan yang dimaksud. Perubahan-perubahan yang kelak terjadi, terutama disebabkan berbagai kemampuan dan potensi teknologi komunikasi tersebut, yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan dan memenuhi kebutuhan komunikasi mereka secara hampir tanpa batas.[17]
Istilah teknologi komunikasi seringkali diucapkan dalam nafas yang sama dengan istilah teknologi informasi, karena pengertian yang terkandung pada masing-masing istilah tersebut memang saling berkaitan satu sama lain. Namun, istilah teknologi komunikasi mencakup pengertian yang lebih luas, termasuk sistem, saluran, perangkat keras, dan perangkat lunak dari komunikasi modern, di mana teknologi informasi merupakan bagian dari padanya.
Severin dan Tankard mengatakan bahwa teknologi komunikasi berubah dengan begitu cepat sehingga banyak orang berbicara tentang “revolusi teknologi” atau “ledakan informasi”. Beberapa teknologi baru yang sedang dalam proses pengembangan atau yang ada sekarang adalah video tape recorder, video casette, televisi kabel, surat kabar online, akses pelayanan informasi komputer dengan komputer pribadi di rumah, internet, World Wide Web, serta CD-ROM. Banyak teknologi yang mempunyai dampak dramatis yaitu memberikan pengguna kontrol yang jauh lebih banyak pada proses telekomunikasi dan informasi yang diterima. [18]
Masyarakat saat ini memiliki kehidupan dimana teknologi modern adalah hal yang mendominasi komunikasi masyarakat. Teknologi juga dapat memberikan bantuan dan telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Perubahan bahwa teknologi telah mempengaruhi gaya berkomunikasi dan menunjukkan bahwa masyarakat lebih cenderung bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi telah meningkatkan gaya hidup masyarakat. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi, hal ini yang membuat manusia terdorong untuk dapat mempermudah cara berkomunikasi.
Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Perkembangan komunikasi itu sendiri sebenarnya sejalan dengan kehidupan serta keberadaan dari manusia itu sendiri. Seperti teori determinisme tekhnologi pemikiran MCLuhan Determinisme teknologi dapat diartikan bahwa setiap kejadian atau tindakan yang dilakukan manusia itu akibat pengaruh dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi tersebut tidak jarang membuat manusia bertindak di luar kemauan sendiri. Pada awalnya, manusialah yang membuat teknologi, tetapi lambat laun teknologilah yang justru memengaruhi setiap apa yang dilakukan manusia. Zaman dahulu belum ada Hand Phone dan internet. Tanpa ada dua perangkat komunikasi itu keadaan manusia biasa saja. Tetapi sekarang dengan ketergantungan pada dua perangkat itu manusia jadi sangat tergantung.
Pencetus teori determinisme teknologi ini adalah Marshall McLuhan pada tahun 1962 melalui tulisannya The Guttenberg Galaxy : The Making of Typographic Man. Dasar teori ini adalah perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. Teknologi membentuk cara berpikir, berperilaku, dan bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi selanjutnya di dalam kehidupan manusia. Contohnya dari masyarakat yang belum mengenal huruf menjadi masyarakat yang canggih dengan perlatan cetak maupun electronik. Inti determinisme teori yaitu penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi merupakan faktor yang mengubah kebudayaan manusia. Di mana menurut McLuhan, budaya kita dibentuk dari bagaimana cara kita berkomunikasi.
Dalam masyarakat modern, faktor teknologi dapat mengubah sistem komunikasi ataupun relasi sosial. Apalagi teknologi komunikasi yang demikian pesat majunya sudah pasti sangat menentukan dalam perubahan sosial itu. Perubahan kebudayaan seperti telah di sebut di atas, dapat menimbulkan perubahan sosial, meskipun tidak merupakan suatu keharusan. Kebudayaan itu berakumulasi. Sebab kebudayaan berkembang, makin bertambah secara berangsur-angsur,. Selalu ada yang baru, di tambahkan kepada yang telah ada. Jadi bukan menghilangkan yang lama, tetapi dalam perkembangannya dengan selalu adanya penemuan-penemuan baru dalam berbagai bidang (invention), akan selalu menambah yang lama dengan yang baru. Dan seiring dengan pertambahan unsur-unsur kebudayaan tersebut, maka berubah pula kehidupan sosial-ekonomi ataupun kebudayaan itu sendiri. Telah diberitahukan diatas bahwa inti dari teori Mc Luhan adalah determinisme teknologi. Maksudnya adalah penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi itulah yang sebenarnya yang mengubah kebudayaan manusia dan eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan mode komunikasi. [19]
1.      Dampak Positif
Teknologi komunikasi telah membawa perubahan besar bagi bunia. Sepanjang sejarah, teknologi telah mempengaruhi manusia dalam kemampuan mereka untuk mengontrol dan menyesuaikan diri dengan lingkungan alaminya. Berkat teknologi, sekarang ini kita memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan siapa pun yan ada di seluruh dunia. Tidak ada hambatan untuk berkomunikasi, teknologi telah membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan teman lama, dan juga membantu memperkuat hubungan antar sesama, teknologi telah membawa dunia lebih dekat dan dapat bertukar pikiran untuk mencari solusi yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.Dan juga kemajuan teknologi dapat lebih cepat untuk seseorang mengambil keputusan dan menyebabkan perkembangan dan kemajuan bagi dunia. Sebagian besar bisnis bergantung pada teknologi untuk mereka berkomunikasi.
Kemajuan teknologi modern seperti Telepon genggam, Komputer, dan Internet telah meminimalkan rintangan terhadap komunikasi. Pada komputer yang memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur informasi dan data yang ada. Kemudian infrastruktur internet, melalui web di seluruh dunia telah memungkinkan banyak orang berkomunikasi melalui Email, Website, Download, media dan file sharing. Internet telah melahirkan perubahan positif yang signifikan dalam iklan dan industri hiburan. Oleh karena itu, iklan dapat menjangkau populasi yang sangat besar hanya dalam beberapa detik saja. Untuk itu, internet telah memungkinkan masyarakat untuk menghubungkan dan untuk pertukaran informasi secara global.[20]
Teknologi telah memungkinkan masyarakat untuk berinteraksi dengan cepat dan bebas pada skala global dengan mengubah dunia menjadi lebih terbuka. Kemudian dampak positif juga dari telepon genggam yaitu ketika seseorang mengalami keadaan darurat, telepon genggam lah sebagai penyelamat kita. Dan juga ketika kita bepergian keluar kota mau pun keluar negeri, kita masih bisa beruhubungan dengan sesama dan telepon genggam menjadi cara paling nyaman untuk berkomunikasi. Di sisi lain, sebagian orang juga dapat memberikan rasa nyaman bagi penggunanya, dan juga dapat memberikan pengetahuan. Saat ini, telepon genggam juga digunakan sebagai alat hiburan seperti game, MP3, MP4, kamera, bluetooth, radio, WiFi, dan GPS. Selain itu, karena adanya layanan seperti SMS, MMS, 3G, telepon genggam menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Telepon genggam dapat menginstal aplikasi seperti kalkulator, to-do-list, kamus, untuk menonton live show atau TV streaming, dan segala hal yang dapat membuat hidup kita lebih mudah dan fleksibel. Tidak diragukan lagi, perkembangan yang cepat dari telepon genggam dapat membawa keuntungan bagi dunia. Internet khususnya memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Para tenaga pengajar menjadi semakin mudah mencari bahan pengajaran yang bervariasi dan kreatif. Keberadaan internet juga ternyata menjadikan pelajar menjadi lebih pintar karena sumber- sumber informasi banyak tersedia di internet seperti E-book dapat diakses secara gratis.



2.      Dampak Negatif
Dampak negatif yang paling menonjol dari teknologi yaitu cara berkomunikasi yang dulu telah hilang seperti surat-menyurat, dan percakapan tatap muka menjadi semakin berkurang. Hal itu telah digantikan oleh SMS atau Chatting. Dampak terhadap komunikasi interpersonal (kemampuan untuk mengekpresikan ide-ide dan pemikiran kepada orang lain lewat tatap muka) yaitu generasi saat ini tidak memiliki kemampuan interpersonal karena kecenderungan peningkatan frekuensi komunikasi melalui SMS dan Chatting. Kesenjangan antara orang tua dan anak-anak telah meningkat pesat, karena komunikasi secara langsung mulai memudar. Hal ini disebabkan karena setiap anggota keluarga sibuk dengan kegiatan masing-masing yang melibatkan teknologi itu sendiri. Interksi sosial berkurang, orang-orang lebih peduli tentang kehidupan Online mereka daripada kehidupan sosial yang nyata. Dan teknologi telah menyebabkan kecanduan, bagi orang yang benar-benar menjadi kecanduan terhadap Internet, Komputer, Telepon genggam, dan teknologi lainnya yang dapat menyebabkan seseorang merasa kesepian dan terisolasi. Kemudian pada teknologi komunikasi yaitu telepon genggam yang memberikan efek keamanan dapat membawa efek yang berlawanan.
Selain itu, tren dari model telepon genggam saat ini membuat orang cenderung seiring untuk mengganti telepon genggam mereka, hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang sangat besar. Selanjutnya, banyak ilmuwan percaya bahwa radiasi yang berasal dari telepon genggam dapat mempengaruhi kesehatan kita seperti sakit kepala, sakit telinga, dan dapat menyebabkan perkembangan penyakit kanker.

E.     Kesimpulan
Teknologi komunikasi adalah sebuah alat atau perangkat yang menggabungkan aspek sosial yang memungkinkan setiap individu dapat mendapatkan, mengirimkan, dan saling bertukar informasi dengan individu-individu lainnya.Dengan begitu, setiap individu dapat mencari informasi atau data yang dibutuhkan dengan teknologi komunikasi.
Peradaban manusia merupakan kebudayaan pada manusia, kelanjutan dari proses tamaddun (semacam urbanisasi), lewat ashabiyah (group feeling), merupakan keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain, tetapi tidak monolitik dengan sendirinya.
Perkembangan teknologi komunikasiEverett M Rogers menyebutkan bahwa perkembanganteknologi komunikasimelalui empat era, yaitu, era komunikasi tulisan (4000 SM-hingga kini),era komunikasi cetak (1456- hingga kini),era telekomunikasi (1844- hingga kini), era komunikasi interaktif (1946- hingga kini)
Namun bila merujuk pada perkembangan teknologi secara keseluruhan maka perkembangan teknologi komunikasi dapat disusun dalam garis besar sejarah perkembangan teknologi komunikasi yang tersusun secara periodik melalui empat tahap seperti,jaman pra-sejarah, jaman transisi, jaman revolusi industri dan pasca revolusi industry dan jaman modern.
Jenis-jenis teknologi komunikasi zaman modern terdiri dari , telepon, HP, Faxmile, Email atau mesenger, Telegraph dan Surat Pos sedangkan  dijaman kuno teknologi komunikasi Asap, Lonceng, Kentongan Daun Lontar dan Merpati Pos
Pengaruh besar kemajuan zaman dan teknologi komunikasi merupakan proses evolusi kebudayaan manusia yang sudah sampai pada taraf kompleksitasnya. Peradaban manusia mengalami dinamika (perubahan dan perkembangan). Perubahan itu menuju pada kemajuan, apalagi di era global dewasa ini. Perubahan yang terjadi demikian pesatnya. Merujuk pada pendapat Alvin Tofler di atas, sekarang manusia berada pada era peradaban informasi. Kemajuan yang pesat di bidang teknologi komunikasi menghasilkan globalisasi, di samping kemajuan dalam sarana teknologi. Di era global, hubungan antarmanusia tidak terbatas dalam satu wilayah negara saja, tetapi sudah antarnegara (transnasional). Dengan demikian, orang bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara lain, serta berpindah-pindah dengan cepat dari satu negara ke negara lain.
Dampak positif dari berkembangnya teknologi komunikasi yang terjadi di masyarakat sebagai contoh adalah semua orang dapat menjadi sumber informasi sehingga membuat masing-masing dapat saling bertukar informasi dengan cara berkomunikasi. Sebelum berkembangnya teknologi komunikasi, informasi yang disebar haruslah dengan cara tatap muka. Akan tetapi, setelah adanya perkembangan teknologi komunikasi, informasi itu pun menyebar sampai kepada seluruh lapisan masyarakat dengan cepat melalui media-media yang ada seperti handphone, pengeras suara, internet, telegram, telepon, radio, televisi, dan lain-lain. Selain itu, contoh lainnya adalah kebudayaan dimiliki oleh setiap kelompok dari setiap daerah . Tidak hanya dengan penampilan atau pertunjukkan saja budaya itu dipublikasikan.
Selain berdampak positif, perkembangan teknologi komunikasi juga mampu menimbulkan dampak negatif. Dampak negatif yang paling menonjol dari teknologi yaitu cara berkomunikasi yang dulu telah hilang seperti surat-menyurat, dan percakapan tatap muka menjadi semakin berkurang. Hal itu telah digantikan oleh SMS atau Chatting. Dampak terhadap komunikasi interpersonal (kemampuan untuk mengekpresikan ide-ide dan pemikiran kepada orang lain lewat tatap muka) yaitu generasi saat ini tidak memiliki kemampuan interpersonal karena kecenderungan peningkatan frekuensi komunikasi melalui SMS dan Chatting. Kesenjangan antara orang tua dan anak-anak telah meningkat pesat, karena komunikasi secara langsung mulai memudar.

F.     Saran
Pemakalah menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan jauh dari kesempurnaan maka dari itu pemakalah sangat mengharapkan saran maupun kritikan pada kesempurnaan pemakalah dimasa yang akan datang.




















DAFTAR BACAAN
Buku

Alwi. Dahlan, 2008, Manusia Komunikasi, Komunikasi Manusia, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Besari. M.Sahari. 2008, Teknologi di Nusantara 40 Abad Hambat Inovasi, Jakarta: Salemba teknika.

Iskandar.Alisyahbana, 1980, Teknologi dan perkembangan,Jakarta: Yayasan Idayu.

Jusak, 2013,  Teknologi Komunikasi Data Modern, Jakarta: Andi Publisher.

McClellan.Edward, 2006, Science and Technology in World History,Washington: Johns Hopkins University Press.

Mulyana.Deddy,2011, Komunikasi Kontekstual, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyana.Dedy, 2011,Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Graha Ilmu .

Munawarranchman Budhy,2011,Membaca Nurcholish Madjid Islam Dan Pluralisme,Jakarta :Democracy project.

Suprapto,2006, Pengantar Teori Dan Managemen Komunikasi, Yogyakarta: Medress.

Wiryanto, 2009, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT.Gramedia, 2009.

Website

Amiruddin, Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem Pendidikan http://www.e dukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=6 (Diakses pada Tanggal 23 Oktober 206 Pukul 10.00 Wib).

Ardiyansyah HMI. Manusia dan Peradaban.  /search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan/. (Diakses Pada Tanggal 22 Oktober 2016.Pukul 19.30).

/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan (Diakses Pada Tanggal 27 Oktober 206 Pukul 14.30 Wib).

/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan( Diakses Pada Tanggal  22 Oktober Pukul 14.30 Wib ).

/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan ( Diakses Pada Tanggal 22 Oktober Pukul 14.30 Wib ).


Oktaviani Pratama Putri. Hakekat Manusia dengan  Peradaban. http://oktavianipratama.wordpress.com/about/.( Di akses Pada Tanggal 22Oktober  2016 Pukul 20.00 Wib).






[1]Dahlan Alwi, Manusia Komunikasi, Komunikasi Manusia (Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2008), h. 34.

[2]M.Sahari Besari, Teknologi di Nusantara 40 Abad Hambat Inovasi (Jakarta: Salemba teknika, 2008), h.186.
[3]Jusak, Teknologi Komunikasi Data Modern ( Jakarta: Andi Publisher, 2013), h. 67.
[4] Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: PT.Gramedia, 2009), h. 12.
[5]Suprapto, Pengantar Teori Dan Managemen Komunikasi (Yogyakarta: Medress, 2006), h.4-5.
[6]Deddy Mulyana, Komunikasi Kontekstual (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011), h. 81.
[7]Budhy Munawar ranchman, Membaca Nurcholish Madjid Islam Dan Pluralisme (Jakarta :Democracy project , 2011), h. 23.
/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan/. (Diakses Pada Tanggal 22 Oktober 2016.Pukul 19.10).

[9] Oktaviani Pratama Putri. Hakekat Manusia dengan  Peradaban. http://oktavianipratama.wordpress.com/about/.( Di akses Pada Tanggal 22Oktober  2016 Pukul 20.00 Wib).

/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan  ( Diakses Padda Tanggal  22 Oktober Pukul 14.30 Wib )
[11]yakni satu bentuk huruf yang didalamnya mencakup pengertian 1 ide atau bisa disebut satu huruf bukan merupakan makna satu bunyi akan tetapi satu pengertian atau konsep. Contoh dari Ideogram ini adalah huruf Hyreogliph, yakni bentuk huruf dari mesir kuno yang dapat dikuak rahasianya (diterjemahkan atau dibaca) oleh Champollion (ahli sejarah Prancis yang dibawa oleh ekspedisi Napoleon 1822).  Sedangkan model huruf ideogram yang ada sampai saat ini adalah huruf Cina ). Pelu ditambahkan lagi juga bahwasannya pada tahap ini manusia sudah tinggi. peradaban dan kebudayaannya karena disamping hal-hal tersebut diatas manusia juga sudah menggunakan bahasa lisan sebagai alat komunikasi primer secara sempurna.
[12]Yakni susunan symbol atau tanda yangmenggambarkan unsur-unsur suara pribadi   seseorang   manusia. Penggunaan abjad ini disempurnakan lagi pada masa Yunani mengalami kejayaan.
[13]Acta Diurna yang diperkenalkan oleh Yulius Caesar pada 100-44 SM. Acta Diurna adalah berupa papan tempel yang didalamnya ditempelkan informasi-informasi aktual yang perlu diketahui oleh masyarakat.  Acta Diurna ditempatkan di Forum Romanum (yakni Alun-alun kota Roma) dengan maksud agar informasi tadi dapat dibaca oleh seluruh penduduk Roma. Media Acta Diurna yang artinya catatan harian ini dianggap sebagai cikal bakal surat kabar modern. Hal ini disebutkan unsur-unsur yang ada pada Acta Diurna ini seperti unsur-unsur yang melekat pada surat kabar modern.

[14] Dedy Mulyana, pengantar Ilmu Komunikasi ( Jakarta: Graha Ilmu, 2011), h. 89.
/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan (Diakses Pada Tanggal 27 Oktober 2016 Pukul 14.30 Wib).
/search?q=macam-macam-teknologi-informasi-dan  ( Diakses Padda Tanggal 22 Oktober Pukul 14.30 Wib )
[17]Alisyahbana Iskandar,  Teknologi dan perkembangan (Jakarta: Yayasan Idayu, 1980), h.6.
[18]Amiruddin, Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem Pendidikan http://www.e dukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=16 (Diakses pada Tanggal 23 Oktober 2016 Pukul 10.00 Wib)

[20]Edward, McClellan, Science and Technology in World History(Washington: Johns Hopkins University Press, 2006), h. 107.
LihatTutupKomentar