Sejarah Munculnya Telekomunikasi

Munculnya telepon dan industri yang terkaitan telah menghasilkan perubahan-perubahan teknologi yang mengubah sejarah hidup manusia. Kejadian itu berlangsung bertahap sepanjang 125 tahun. Tahap perkembangan yang terjadi merupakan usaha-usaha yang luar biasa dalam penemuan dan pengembangan. Berikut ini akan disampaikan tahapan-tahapan perkembangan tersebut. Dari saluran sepihak ke sambungan langsung.

Telepon telah membawa dampak besar pada abad 20 sejak adanya revolusi industri yang terjadi pada abad 19. Adanya penemuan telepon telah mengubah cara hidup manusia, pekerjaan dan permainan. Perubahan itu didukung adanya penemuan televisi, komputer, pager, mesin faksimil, surat elektronik (e-mail), internet, perdagangan melalui dunia maya dan sebagainya.

Pada masa-masa mendatang sepuluh tahun lagi dari sekarang, kita berharap adanya sambungan internet tanpa kabel yang dapat dilakukan di sembarang tempat termasuk di dalam mobil, tas kantor, nomor-nomor telepon yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang diaktifkan (dialing) melalui suara sebagaimana kita menekan tombol-tobol baik di rumah maupun di kantor atau tempat kerja lainnya.

Berikut ini akan disampaikan tahapan-tahapan perkembangan tersebut. Dari saluran sepihak ke sambungan langsung:

Periode tahun 1870 hingga 1910

     1876: Alexander Graham Bell menemukan pesawat telepon
     1881: Direktori halaman kuning telepon yang pertama
     1891: Dial (nomor-nomor) telepon pertama; 512.000 sambungan telepon di Amerika
     1887: Telepon yang bekerja dengan koin pertama kali dipasang di Hartford Bank oleh penemunya William Gray.
     1915: Panggilan pertama secara resmi dari pantai ke pantai dilakukan oleh Alexander Graham Bell di New York City kepada Thomas Watson di San Francisco.

Penemu prinsip komunikasi jarak jauh pertama kali dengan suara dilakukan oleh Alexander Graham Bell pada 10 Maret 1876. Kalimat yang diucapkan kepada temannya itu adalah "Mr. Watson, come here! I need you!". Setelah itu perkembangan sistem telekomunikasi mulai terbuka lebar.

Periode 1920

     1928: Herbert Hoover menjadi presiden pertama Amerika Serikat yang menggunakan telepon di meja kerjanya. Hingga waktu itu, presiden berbicara selalu berbicara dari dan keluar kantornya.

Gambar 1.3. Periode percakapan presiden AS pertama kali di kantor

Coba perhatikan gambar di Pesawat televisi di bawah ini bawah ini. Nampak sebuah adalah jenis pesawat televisi yang pesawat telepon yang lengkap, paling awal digunakan. terdiri dari beberapa bagian yang sudah menyatu. Ada nomor-nomor, gagang telepon, kabel dan kotaknya.

Pesawat itu adalah model pesawat telepon paling awal. Meskipun demikian ada juga model-model lain yang banyak variasinya. Bandingkan pula dengan sebuah pesawat televisi. Pada jamannya piranti itu telah demikian bagus, tetapi bentuknya masih sangat sederhana.

Untuk menghubungkan antar pengguna telepon pada jaman dulu digunakan utas-utas kabel yang diberi pemberat. Sambungan yang dikehendaki tinggal mencolokkan saja.

Periode 1950-1960

     1957: Uji coba pertama kali penggunaan pagers dimulai di Allentown dan Bethlehem, Pennsylvania
     1958: Telepon pangeran diperkenalkan. Teleponpertama dengan nomor yang diberi cahaya, menjadi bagian budaya populer Amerika
     1960: Telepon tombol nada sentuh mulai dipasarkan di Findlay, Ohio. Telepon ini mempunyai 10 tombol, tidak seperti sekarang yang mempunyai 12 tombol.
     1963: Sambungan langsung terjadi antara Gedung Putih dan Kremlin berkaitan dengan krisis senjata di Cuba.
     1968: 911 dipilih sebagai nomor darurat seluruh negara. Perusahaan telepon menyetujui urutan nomor itu tidak disediakan sebagai nomor sambungan keluar.

Pada tahun 1963 juga telah diperkenalkan teknik digital carrier. Sebelumnya cara-cara dalam multiplek kanal telepon telah diterapkan dengan transmisi analog. Cara ini pada prinsipnya adalah membawa beberapa kanan yang berbeda dengan pemisahan frekuensi.

Tahun 1964, Bell System memperkenalkan bentuk videotelepon yang dipasarkan terbatas untuk melayani wilayah New York, washungton dan Chicago. Sementara pada tahun 1965 satelit komunikasi komersial pertama diluncurkan dengan menyediakan 240 rangkaian telepon dua arah.

Periode 1970-1980

     1972: Pesan pertama surat elektronik (email). Istilah “internet” digunakan pertama kali dua tahun kemudian, tetapi konsep internet seba-gaimana kita kenal saat ini tidak ada peningkatan
     1984: Telepon seluler pertama kali dikenalkan

Perkembangan tahun 1990an

     1991: Pengenalan caller ID (internasional). Ada perbe-daan pandangan saat itu.
     1998: World Wide Web (www) telah lahir, menjadikan tanda internet permulaan internet seperti yang kita kenal sekarang ini. Banyak orang Amerika menyam-bungkan Internet melalui saluran teleponnya masing-masing.

Periode tahun 2000 hingga sekarang ini.

     2000: "Web Phone" dikombinasikan dengan telepon traditional dengan menggunakan layar sentuh LCD dan keyboard yang dapat dilipat agar pengguna bisa berselancar dengan Internet, mengecek e-mail, melakukan panggilan telepon dan mengecek pesan suara hanya dengan piranti tunggal.

     2000: "Thin Phone" menggabungkan akses Internet tanpa kabel dengan layanan telepon lokal tanpa kabel, memungkinkan pengguna Internet tetap tersambung dengan segala sesuatu dari halaman pages ke suara dan e-mail, sekalipun berpindah-pindah.

     2000 hingga sekarang : "Information Appliances" (pemakaian informasi) memuat Internet mobile (bergerak), tanpa kabel "Web to Go," sambungan telepon diaktifkan suara, nomor-nomor telepon untuk kehidupan sesuai keinginan, panggilan telepon dan Internet pada pesawat TV kita, TV melalui telepon tanpa kabel, dan masih banyak lagi.

Akses jaringan tradisional telah berlanjut melalui rangkaian fisik, penggunaan modem dial-up dengan saluran telepon hingga rangkain yang dipesan (dedicated). Sementara itu akses internet yang paling awal pada pokoknya adalah berbasis teks dan dapat bekerja dengan rangkaian kecepatan rendah. Sekarang ini layanan internet telah diperkaya dengan multimedia yang disertai grafik, warna-warni, suara, dan video. Layanan multimedia ini memerlukan persyaratan akses kecepatan tinggi lebih dari modem dial-up.

LihatTutupKomentar