[Cara] Memperoleh (MENDAPTKAN) KARTU TOL atau KARTU E-TOLL (e-Toll Card) & [Cara] ISI ULANG

[Cara] Memperoleh KARTU TOL atau KARTU E-TOLL
Apa Manfaat Memiliki Kartu Tol atau Kartu e-Toll dan Bagaimana cara memproleh (mendapatkan) Kartu Tol atau Kartu e-Toll?



Kartu Tol atau Kartu e-toll adalah kartu prabayar pintar & nirsentuh (contactless smartcard) yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2009 & bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti & Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ). e-Toll Card digunakan untuk transaksi pemabayaran tol & selanjutnya dapat digunakan untuk transaksi di luar gerbang tol.





Info Lengkap Tentang Kartu Tol atau Kartu e-Toll
Kartu Tol atau Kartu e-Toll adalah kartu prabayar contactless smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti & Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ).

Dengan memiliki Kartu Tol atau Kartu e-Toll tentuanya anda tidak akan kerepotan ketika akan membayar jalan toll yang telah anda lalui, e-Tool Card mulai dipasarkan untuk umum sejak Januari 2009, Pada awal anda membeli kartu e-Toll masih Rp0; maka anda harus mengisi dahulu (TopUp) minimal Rp100.000;

Saat ini Kartu Tol atau Kartu e-Toll dapat digunakan di Pantura yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan & Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Untuk jalur selatan Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi.  Pada bulan Oktober 2017 yang akan datang Kartu Tol atau Kartu e-Toll akan dipegunakan pada seluruh ruas jalan toll

Saat ini pembayaran tol menggunakan Kartu Tol atau Kartu e-Toll, kartu Bank BRI Brizzi, Mandiri e-money, kartu BNI Tapcash, Kartu BTN Blink dapat digunakan di Ruas Toll JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta Tangerang, & Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), serta akan menyusul 14 Ruas Tol lainnya yang akan di implementasikan secara bertahap. 

Sementara Kartu Flazz milik BCA saat ini telah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di ruas tol Cikopo-Palimanan.

Manfaat Kartu Tol atau Kartu e-Toll
          Kartu e-Toll sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembayaran tol, kartu dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp.1.000.000;  dan saldo minimal Rp.10.000; manfaat Kartu Tol atau Kartu e-Toll bagi pemegang kartu antara lain;
          Sebagai pengganti uang tunai
          Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash
          Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant F&B, dsb)

Bagaimana [Cara] Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll & [Cara] Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll

Tempat Pembelian Kartu Perdana Kartu Tol atau Kartu e-Toll
1. Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek (akan diperluas di seluruh kantor cabang)
2. Outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek (akan diperluas diseluruh Outlet Indomaret
3. Kantor Gerbang Operator Tol antara lain:
          Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Sunter (CMNP)
          Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
          Kantor gerbang Merak (MMS)
          Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
          Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)
          Ruas Jalan Toll Yang Meneriama Transakasi kartu e-Toll

[Cara] Memperoleh Kartu Tol Atau Kartu E-Toll & [Cara] Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll
Sebenarnya mudah saja untuk mengetahui toll mana yang menerima pembayaran kartu Kartu Tol atau Kartu e-Toll yaitu ditemukan-nya logo e-Toll Card pada saat memasuki gerbang Toll, tempat yang menerima pembayaran e-Toll antara lain;
          Cawang - Tomang - Cengkareng, pengelola tol yaitu Jasa Marga.
          Cawang - Priok - Pluit, pengelola tol yaitu CMNP.
          Cikupa - Anyer pengelola tol yaitu MMS.
          Jakarta - Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat (PGB) & Pondok Gede Timur (PGT), pengelola tol Jasa Marga.
          Rorotan - Veteran (JORR), pengelola tol JLJ.


Masa Berlaku Kartu Tol atau Kartu e-Toll

Kartu Tol atau Kartu Tol atau Kartu e-Toll ini tidak ada kadalursanya selagi anda pergunakan terus & Tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan e-Toll Card. namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu tidak digunakan untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka Pemegang Kartu akan dikenakan biaya administrasi Rp.10.000; (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku) pada saat pengaktifan kembali.

Info tambahan, saat ini
Kartu Tol atau Kartu e-Toll sudah dapat digunakan di SPBU tertentu yang telah bekerjasama & seluruh outlet Indomaret ataupun merchant lainnya yang bertanda mandiri prabayar. Isi ulang e-Toll Card atau mandiri prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).

Tempat Isi Ulang (TopUp) Saldo Kartu Tol atau Kartu e-Toll dapat diisi ulang (top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang e-Toll Card di :
          Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek & cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
          Seluruh outlet Indomaret
          Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
          Kantor Gerbang Operator Tol yaitu :
          Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
          Kantor gerbang Sunter (CMNP)
          Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
          Kantor gerbang Merak (MMS)
          Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
          Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)

Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, Pemegang Kartu harus melakukan proses Update Saldo di EDC mandiri prabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu (isi kartu langsung bertambah).


Tabel Daftar Lokasi Isi Ulang Kartu Tol atau Kartu e-Toll
No
Lokasi
Alamat
1.
Kantor Pusat Jasa Marga
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah Jakarta 13650; Kotak POS 4354, Jakarta 12043
2.
Cabang Cililitan Jasa Marga
Plaza Tol Cililitan, Jl. Cililitan Besar, Jakarta 13510
3.
Gerbang Tol Cengkareng Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Cengkareng (arah Bandara - Jakarta)
4.
Gerbang Tol Kapuk Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Kapuk
5.
Gerbang Tol Halim Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Halim
6.
Lobby Gedung CMNP Sunter
CMNP Building, Jl. Yos Sudarso Kav 28, Jakarta 14350
7.
Lobby Kantor MMS Karawaci
Karawaci Office Park Blok H No. 66-68 Lippo Karawaci - Tangerang
8.
Lobby Kantor Cabang MMS Serang
Kantor Cabang Tol Serang
9.
Ground Floor Kantor Pusat Bank Mandiri
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38, Jakarta Selatan 12190
10.
Kantor Cabang Bank Mandiri
Jabodetabek
11.
Merchant Bank Mandiri
Indomaret & SPBU 



Demi kenyamanan Anda, di sediakan juga sarana isi ulang yang lengkap melalui mandiri e-banking. Metode isi ulang dilakukan 2 tahap yaitu proses pembayaran (pendebetan rekening) & proses pengisian (memindahkan uang Anda ke fisik Kartu Tol atau Kartu e-Toll) sebagai berikut :


No
Sarana Isi Ulang
Lokasi
Pembayaran
Pengisian
1.
EDC
Cabang Bank Mandiri, Operator tol, Indomaret, SPBU
2.
Mandiri Internet
Dimana saja
Cabang Bank Mandiri, operator tol, indomaret, SPBU
3.
Mandiri SMS
Dimana saja
4.
Mandiri Call*)
Dimana saja
5.
Mandiri ATM*)
4.100 ATM


Melalui layanan mandiri SMS:

Isi ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Ketik SMS dengan format ISIprelist rekeningno kartu Mandiri Prabayarnominal isi ulang
Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
SMS dikirimkan ke nomor 3355
  • Anda akan menerima SMS PIN Challenge dari 3355
  • Apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
  • Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu wajib melakukan update saldo di kartu mesin EDC kartu prabayar yang tersedia di Merchant/Cabang
  • Pengecekan perkiraan saldo mandiri prabayar, sedangkan untuk mendapat informasi saldo terkini pemegdang kartu dapat melakukan pengecekan saldo di mesin EDC kartu prabayar yang ada di cabang.


Cek Saldo

Untuk transaksi cek saldo melalui mandiri SMS, Anda tidak perlu menjadi nasabah Bank Mandiri atau tidak perlu menjadi user mandiri e-Banking.
Untuk transaksi isi ulang (top up):
Anda harus memiliki rekening tabungan/giro Mandiri.
Anda harus terdaftar sebagai user mandiri sms dengan kode layanan SMS01.
Untuk cek saldo di mesin EDC, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pilih menu "Prepaid"
  • Pilih menu "Update Saldo"
  • Letakan kartu Mandiri Prabayar di "mesin reader/dongle" & secara otomatis sistem akan melakukan penambahan saldo di kartu mandiri prabayar
Saat ini cek saldo e-Toll Card sudah dapat dilakukan di lokasi-lokasi berikut:
  • Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di Jabodetabek & cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
  • Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
  • Seluruh outlet Indomaret
  • Outlet Alfamidi/Alfaexpress di wilayah Jabodetabek
  • SPBU Pertamina tertentu yang telah bekerja sama
  • Kantor operator tol tertentu



Jika anda nasabah Bank Mandiri pastinya banyak kemudahan dalam ketika isi ulang Kartu Tol atau Kartu e-Toll asalkan saldo anda cukup, anda bisa isi ulang melalui iBanking & SMSbanking Bank Mandiri, untuk lebih jelas caranya silahkan baca ke TKP di http://bankmandiri.co.id/etoll-card

Lalu bagaimana jika
Kartu Tol atau Kartu e-Toll hilang atau rusak sehingga tidak dapat digunakan? Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, & Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan & transaksi pembelian dilakukan offline.

Jika tidak dapat digunakan untuk membayar, Petugas tol melakukan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang.  Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.


Apabila e-Toll Card hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir kartu ?
Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, & Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan & transaksi pembelian dilakukan offline.
Bagaimana jika saya melakukan isi ulang (top up) melalui mandiri internet & mandiri sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo e-Toll Card tidak bertambah? Pemegang Kartu dapat menghubungi cabang terdekat dan/atau menghubungi langsung mandiri call14000 atau 021-52997777 untuk menyampaikan keluhannya.
Keluhan pemegang kartu harus disertai dengan bukti histori tansaksi e-Toll Card.

Apa yang harus dilakukan apabila pengendara mengalami pendebetan lebih dari satu kali di gerbang tol?
Apabila Pemegang Kartu melakukan komplain di gerbang tol, maka petugas tol melakukan pencetakan histori transaksi, dengan melihat data tanggal & jam transaksi, apabila terdapat pendebetan dalam waktu tidak lama, maka petugas dapat melakukan penggantian untuk kelebihan pendebetan tersebut berdasarkan petty cash yang tersedia. 
Petugas tol kemudian mencatat keluhan ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Kantor Cabang Operator Tol.

Apa yang harus dilakukan apabila kartu tidak dapat digunakan & pelanggan komplain di gerbang tol?
Petugas tol melakukan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang.  Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.

Apabila ada keluhan, informasi, saran atau pengalaman, dapat disampaikan ke Call Center Bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777. Layanan ini merupakan layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Sebelum mengisi, mohon perhatikan hal-hal berikut:
  • Setiap formulir yang dikirim akan diberikan nomor Ticket ID, yang akan tampil setelah Anda menekan tombol "Submit"
  • Sesuai Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah, setiap pengaduan mohon dilengkapi dengan Foto Copy Identitas, silakan menggunakan fasilitas attachment pada form dibawah atau kirimkan melalui fax di +62-21-5299-7711 & cantumkan nomor Ticket ID Anda
  • Untuk mengetahui status keluhan Anda, silakan mengirimkan e-mail kembali atau menghubungi Mandiri Call melalui nomor 14000 atau +62-21-52997777 dengan menyebutkan nomor Ticket ID Anda
  • Jangan pernah menulis USER ID & PIN pada saat menyampaikan informasi, saran atau keluhan, Bank Mandiri tidak akan pernah menanyakan USER ID & PIN dalam kondisi apapun
  • Untuk permasalahan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet mohon mencantumkan nomor rekening & cabang penerbit pada kolom "isi masalah", di sini untuk penjelasan penanganan lupa USER ID & PIN Mandiri Internet.
Demikian info copas tentang [Cara] Memperoleh (mendapatkan) Kartu Tol Atau Kartu E-Toll & [Cara] Isi Ulang Kartu Tol Atau Kartu E-Toll, semoga ada manfaatnya

==================================






LihatTutupKomentar