4 Perbedaan Jalak Nias Jantan Dan Betina Yang Gampang Dikenali

Perbedaan Jalak Nias Jantan dan Betina - Bagi para pencinta burung tentu tidak akan merasa kesulitan untuk melihat perbedaan jalak Nias jantan dan betina lantaran keduanya memang mempunyai perbedaan yang fundamental dalam banyak sekali hal. Burung memang merupakan salah satu binatang yang cukup sulit untuk dikenali jenis kelaminnya, tidak ibarat binatang lainnya. Sebagai pencinta burung, tentu saja Anda harus dapat membedakan mana burung yang jantan dan betina. Uniknya, setiap jenis burung mempunyai karakteristik jantan dan betina yang berbeda-beda termasuk burung Nias. Burung yang mempunyai bunyi yang merdu dan khas ini tidak terlalu sulit untuk dibedakan mana yang jantan dan yang betina.

 Bagi para pencinta burung tentu tidak akan merasa kesulitan untuk melihat perbedaan jalak 4 Perbedaan Jalak Nias Jantan dan Betina yang Praktis Dikenali
Berikut ini ada 4 perbedaan jalak Nias jantan dan betina yang dapat diamati untuk menentukan jenis kelamin burung:

1. Bentuk kepala
Perbedaan antara burung Nias jantan dan betina dapat dilihat pada bentuk kepalanya. Burung jalak jantan mempunyai bentuk kepala yang pipih dibandingkan dengan bentuk kepala burung Nias betina. Selain itu, pada kepala burung jalak Nias jantan mempunyai jambul walaupun sedikit sedangkan burung jalak Nias betina tidak mempunyai jambul.

2. Suara
Untuk membedakan burung jalak Nias jantan dan betina dapat dengan cara mendengarkan bunyi kicauannya. Suara burung jalak Nias jantan ketika sedang gacor mempunyai bunyi yang lebih variatif dibandingkan dengan burung jalak Nias betina. Membedakan burung jalak Nias jantan dan betina melalui bunyi ini harus mempunyai pengalaman yang cukup banyak dan kejelian yang cukup.

3. Gerak kepala ketika berkicau
Burung jalak Nias yang jantan dan betina juga dapat dilihat perbedaannya dari anggukan kepala ketika berkicau. Jalak Nias jantan akan berkicau dengan mengangguk-anggukkan kepalanya secara berirama sesuai dengan kicauannya. Sedangkan burung jalak Nias betina tidak akan mengangguk-anggukkan kepalanya ketika berkicau.

4. Lihat warna bulunya
Perbedaan yang paling mencolok dalam burung jalak Nias jantan dan betina ialah warna bulunya. Bulu burung jalak jantan akan terlihat lebih mengkilap dan indah sedangkan warna bulu jalak Nias betina lebih kusam dan kurang menarik. Warna bulu burung jalak Nias jantan mempunyai warna yang lebih cerah dibandingkan dengan warna bulu burung jalak Nias betina.

Membedakan burung Nias jantan dan betina memang membutuhkan kejelian. Bagi para pemula yang gres terjun ke dalam dunia burung tentu harus lebih banyak berguru untuk mengetahui jenis kelamin burung. Suara burung Nias yang keras tapi indah menciptakan siapa saja tertarik untuk mendengarkannya, apalagi burung Nias termasuk dalam burung yang berilmu dan dapat menirukan beberapa kata yang diucapkan oleh pemiliknya. Perawatan burung Nias juga tidak terlalu sulit, untuk lomba berkicau memang harus disiapkan dengan matang agar. Burung Nias yang paling cocok untuk diikutkan lomba ialah burung Nias jantan lantaran suaranya lebih nyaring dan merdu. Oleh alasannya itu, pengetahuan perbedaan jalak Nias jantan dan betina harus diketahui biar tidak salah menentukan burung.
LihatTutupKomentar