Pada contoh soal pendagogik UKG 2015 dan Kunci Jawaban yang pertama telah diberikan beberapa soal untuk bapak/ibu latihan. Berikut soal pendagogik berikutnya:
1. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain...
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari beberapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal
jawaban: a
2. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara....
a. memberikan penilian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas
b. memberikan pre-test maupun post-test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
jawaban: a
3. Upaya guru SD dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mereflesikan pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara....
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau maalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
jawaban: b
4. Kegiatan guru memberikan penguatan (reinforcement) berbentuk gestur di dalam kegiatan pembelajaran adalah....
a. memberikan hadiah ke seluruh siswa karena nilai rata-rata matematika meningkat pesat.
b. mengangguk-anggukan kepala disertai muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat.
c. menegur siswa yagn salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
d. memberikan acungan jempol terhadap respon siswa yang benar
jawaban: b
5. Pak Andi akan menyajikan materi pembelajaran untuk informasi seperti memahami simbol (lambang) antara lain seperti kata-kata, istilah, pengertian dan peraturan. Kegiatan belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk sifat materi tersebut adalah....
a. siswa harus mengenal dan mengulang hafalan informasi
b. siswa dilatih memformulasikan informasi ke dalam rangkaian yang bermakna dalam kehidupan mereka
c. siswa dilatih untuk memiliki keterampilan pemecahan masalah yang dihadapi
d. siswa dilatih menghafal simbol-simbol, istilah dan pengertian-pengertian secara intensif
jawaban: b
6. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut:
1. Memberikan pujian atau hadiah bagi siswa yang menunjukkan usaha yang baik
2. Memberikan angka tinggi sesuai prestasi yang dicapai siswa
3. Menyalahkan siswa secara terbuka di kelas atas pekerjaan atau jawaban yang belum memuaskan
4. Menciptkan suasana belajar yang ketat dan disiplin memenuhi kebutuhan belajar siswa
Pilih pertanyaan di atas yang merupakan langkah guru untuk memotivasi siswa untuk melakukan kegitan belajar yang bermakna....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a
7. Sebuah sekolah dasar berada di suatu wilayah berdekatan dengan hutan alam, sebuah sungai dan danau kecil. Keadaan alam ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep....
a. hutan homogen
b. penampakan buatan permukaan bumi
c. proses fotosintesis
d. siklus hidrologi
jawaban: b
8. Guru bersama siswa kelas 3 SD membuat denah kelas. Posisi meja ke arah samping digambar sebagai garis horizontal datar dengan notasi huruf A sampai D atau lazim sebgai sumbu Y. Sedangkan susunan meja siswa ke belakang ditandai dengan angka 1 sampai 5 sebagai garis vertikal atau lazim sebagai sumbu X, sehingga sekarang tiap siswa mengetahui posisi masing-masing meja pada posisi huruf dan angka berapa. Denah kelas yang dibuat tersebut dapat dipergunakan sebagai alat bantu pembelajaran....
a. IPA dan Matematika
b. IPS dan Matematika
c. Matematika dan Bahasa
d. IPA dan IPS
jawaban: c
9. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upaya guru pelajaran matematika di kelas 4 dengan pokok bahasan yang bentuk-bentuk bidang geometris luas dan keliling.
1. Guru menunjukkan meja dan papan tulis sebagai bidang persegi panjang
2. Guru menunjukkan tegel keramik di lantai sebagai bidang persegi empat
3. Guru menunjukkan kotak bungkus rokok sebagai bentuk balck
4. Guru memakai bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran....
Pilihlah pernyataan yang paling menggambarkan upaya guru memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai media pembelajaran adalah pernyataan....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a
10. Upaya guru menata setting pembelajaran dengan memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah....
a. memajang karya terbaik siswa pada dinding di dalam kelas
b. memajang gambar ciri khas kota-kota besar di seluruh dunia
c. menugaskan siswa memakai baju adat pada hari besar nasional
d. menyiapkan media sederhana dan murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa
jawaban: d
1. Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain...
a. membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. mengklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari beberapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal
jawaban: a
2. Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara....
a. memberikan penilian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas
b. memberikan pre-test maupun post-test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
c. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d. mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
jawaban: a
3. Upaya guru SD dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mereflesikan pengalaman belajar yang telah dialaminya yang paling optimal adalah dengan cara....
a. guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b. guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
c. guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau maalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d. guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
jawaban: b
4. Kegiatan guru memberikan penguatan (reinforcement) berbentuk gestur di dalam kegiatan pembelajaran adalah....
a. memberikan hadiah ke seluruh siswa karena nilai rata-rata matematika meningkat pesat.
b. mengangguk-anggukan kepala disertai muka ceria kepada siswa yang menjawab dengan tepat.
c. menegur siswa yagn salah/tidak sempurna menjawab pertanyaan
d. memberikan acungan jempol terhadap respon siswa yang benar
jawaban: b
5. Pak Andi akan menyajikan materi pembelajaran untuk informasi seperti memahami simbol (lambang) antara lain seperti kata-kata, istilah, pengertian dan peraturan. Kegiatan belajar terbaik yang dilakukan siswa untuk sifat materi tersebut adalah....
a. siswa harus mengenal dan mengulang hafalan informasi
b. siswa dilatih memformulasikan informasi ke dalam rangkaian yang bermakna dalam kehidupan mereka
c. siswa dilatih untuk memiliki keterampilan pemecahan masalah yang dihadapi
d. siswa dilatih menghafal simbol-simbol, istilah dan pengertian-pengertian secara intensif
jawaban: b
6. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut:
1. Memberikan pujian atau hadiah bagi siswa yang menunjukkan usaha yang baik
2. Memberikan angka tinggi sesuai prestasi yang dicapai siswa
3. Menyalahkan siswa secara terbuka di kelas atas pekerjaan atau jawaban yang belum memuaskan
4. Menciptkan suasana belajar yang ketat dan disiplin memenuhi kebutuhan belajar siswa
Pilih pertanyaan di atas yang merupakan langkah guru untuk memotivasi siswa untuk melakukan kegitan belajar yang bermakna....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a
7. Sebuah sekolah dasar berada di suatu wilayah berdekatan dengan hutan alam, sebuah sungai dan danau kecil. Keadaan alam ini dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media kongkrit untuk menanamkan pemahaman mendalam para siswa tentang konsep....
a. hutan homogen
b. penampakan buatan permukaan bumi
c. proses fotosintesis
d. siklus hidrologi
jawaban: b
8. Guru bersama siswa kelas 3 SD membuat denah kelas. Posisi meja ke arah samping digambar sebagai garis horizontal datar dengan notasi huruf A sampai D atau lazim sebgai sumbu Y. Sedangkan susunan meja siswa ke belakang ditandai dengan angka 1 sampai 5 sebagai garis vertikal atau lazim sebagai sumbu X, sehingga sekarang tiap siswa mengetahui posisi masing-masing meja pada posisi huruf dan angka berapa. Denah kelas yang dibuat tersebut dapat dipergunakan sebagai alat bantu pembelajaran....
a. IPA dan Matematika
b. IPS dan Matematika
c. Matematika dan Bahasa
d. IPA dan IPS
jawaban: c
9. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut yang menggambarkan upaya guru pelajaran matematika di kelas 4 dengan pokok bahasan yang bentuk-bentuk bidang geometris luas dan keliling.
1. Guru menunjukkan meja dan papan tulis sebagai bidang persegi panjang
2. Guru menunjukkan tegel keramik di lantai sebagai bidang persegi empat
3. Guru menunjukkan kotak bungkus rokok sebagai bentuk balck
4. Guru memakai bola basket untuk menjelaskan jari-jari lingkaran....
Pilihlah pernyataan yang paling menggambarkan upaya guru memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai media pembelajaran adalah pernyataan....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a
10. Upaya guru menata setting pembelajaran dengan memanfaatkan unsur-unsur yang ada di kelas sebagai alat bantu pembelajaran adalah....
a. memajang karya terbaik siswa pada dinding di dalam kelas
b. memajang gambar ciri khas kota-kota besar di seluruh dunia
c. menugaskan siswa memakai baju adat pada hari besar nasional
d. menyiapkan media sederhana dan murah, baik dilakukan oleh guru maupun dengan menugaskan kepada siswa
jawaban: d