Inilah Pengertian Serta Perbedaan Internet Dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet hingga ketika ini masih banyak yang tidak mengetahuinya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang masih kurang paham mengenai perbedaannya, simak uraian berikut. Anda pastinya sudah tidak abnormal lagi dengan istilah internet, istilah yang satu ini sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mendengar istilahnya saja, tentunya sebagian besar insan ketika ini sudah banyak yang memakai internet. Hadirnya internet dalam kehidupan insan memang menawarkan efek yang sangat besar. Terlebih lagi sejak didukung dengan hadirnya teknologi-teknologi terbaru.

 hingga ketika ini masih banyak yang tidak mengetahuinya Inilah Pengertian Serta Perbedaan Internet dan Intranet
Pengertian Internet dan Intranet
Penggunaan internet tidak hanya pada golongan tertentu saja, hampir semua golongan memakai internet untuk banyak sekali keperluan. Namun selain istilah internet, istilah lain yang mempunyai pengertian sama dengan internet yaitu intranet. Baik internet atau intranet, keduanya sama-sama dipakai untuk menghubungkan komputer dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya, berikut yaitu pengertian internet dan intranet yang sanggup Anda ketahui:

- Internet
Internet yaitu sebuah jaringan komputer yang saling terhubung, antara satu dengan yang lain memakai TCP/IP. TCP/IP merupakan abreviasi dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Dengan adanya jaringan komputer ini, pengguna sanggup berkomunikasi, berinteraksi dan juga saling bertukar informasi. 

- Intranet
Intranet yaitu sebuah jaringan yang memakai TCP/IP yang sanggup dipakai untuk mengembangkan isu dalam lingkungan lokal. Intranet sanggup disebut sebagai jaringan LAN, jangkauannya lebih kecil dibandingkan dengan internet. Jaringan ini biasanya dipakai pada perkantoran, instansi, sekolah dan lain sebagainya.

Perbedaan Antara Internet dan Intranet
Untuk perbedaan internet dan intranet akan dirangkum secara singkat pada ulasan berikut:

1. Jangkauan
Seperti yang sudah disebutkan, intranet mempunyai jangkauan yang lebih kecil dan sangat terbatas. Sementara internet mempunyai jangkauan yang sangat luas dan bahkan cepat, menjangkau seluruh dunia. Intranet yaitu jaringan lokal saja, jangkauannya sempit dan beberapa ada yang lambat.

2. Perkembangan
Perkembangan internet jauh lebih pesat dibandingkan perkembangan intranet. 

3. Penggunaan
Internet sanggup dipakai oleh siapa saja asalkan mempunyai perangkat dan sinyal yang mendukung. Sementara intranet hanya sanggup dipakai oleh orang-orang yang ada pada lingkungan intranet itu sendiri. Contohnya saja intranet pada sekolah, hanya guru, staf, murid dan orang-orang tertentu yang ada pada sekolah tersebut yang sanggup menggunakannya. Sementara internet sanggup dipakai oleh siapa saja di seluruh dunia.

Itulah 3 perbedaan yang paling fundamental dari internet dan intranet, keduanya mempunyai pengertian yang sama. Namun untuk penggunaan, perkembangan dan jangkauannya sangatlah berbeda. Jika Anda mendengar mengenai intranet, pastikan Anda tidak galau untuk membedakannya dengan internet. Jika Anda memakai jaringan komputer yang sangat terbatas jangkauannya, sudah niscaya itu yaitu intranet. Begitu juga sebaliknya, jaringan yang jangkauannya luas yaitu internet. Jangan hingga galau hanya alasannya yaitu sebutan keduanya hampir mirip. Sekian klarifikasi mengenai perbedaan internet dan intranet, biar sanggup bermanfaat.
LihatTutupKomentar