Gangguan Penyakit Pada Ginjal

(). Gangguan penyakit pada ginjal sanggup disebabkan oleh rusaknya ginjal dan cara atau referensi makan yang salah. Beberapa macam penyakit pada ginjal, antara lain nefritis, diabetes mellitus, diabetes insipidus, dan albuminuria. Nefritis ialah gangguan pada nefron lantaran terinfeksi oleh kuman. Hal itu menjadikan kadar urea dalam darah masih tinggi sehingga penyerapan air terganggu. Sebagai akibatnya, air akan tertimbun di kaki atau organ badan lain. Keadaan menyerupai ini disebut menderita oedema.

Diabetes mellitus disebut juga penyakit kencing manis. Penyebab penyakit ini ialah kekurangan hormon insulin sehingga kadar zat gula dalam darah meningkat. Kelebihan zat gula tersebut akan dikeluarkan dari ginjal bersama urine. Cara mengobati penyakit ini ialah dengan memperlihatkan suntikan insulin secara teratur. Penyakit diabetes yang lebih ringan sanggup diatasi dengan cara mengatur diet. Diperkirakan penyebab utama penyakit diabetes ialah faktor keturunan.

Diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan produksi urine yang sangat berlebihan. Penderita penyakit ini sanggup mengeluarkan urine hingga 20 liter dalam sehari. Agar tidak mengalami kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan) fatal, penderita harus banyak minum air segar untuk menggantikan hilangnya air dari tubuh. Penyakit ini terjadi lantaran adanya gangguan dalam proses reabsorpsi akhir berkurangnya hormone ADH (antidiuretic hormone).

Albuminuria ialah penyakit lantaran terjadinya kerusakan pada alat filtrasi dalam ginjal sehingga protein darah sanggup melewati proses penyaringan oleh ginjal. Gejala yang ditunjukkan penyakit ini ialah ditemukannya albumin dan protein dalam urine penderita.

Penyakit pada ginjal juga sanggup disebabkan oleh nanah basil atau adanya endapan zat kapur (kalsium) dalam ginjal. Endapan kalsium sanggup terjadi pada salah satu bagian ginjal, yaitu rongga ginjal atau dalam kantong kemih. Endapan kerikil kapur dalam rongga ginjal menjadikan penyakit kerikil ginjal, sedangkan endapan kerikil kapur yang terdapat dalam kantong kemih menjadikan penyakit kencing batu. Gangguan dan penyakit berupa kerikil ginjal atau kencing kerikil sanggup dihilangkan dengan pengobatan atau pembedahan. Sekarang telah ditemukan cara menghancurkan kerikil ginjal dengan memakai sinar laser dan getaran ultrasonik.

Keracunan dan nanah oleh basil sanggup menjadikan ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau gagal ginjal. Jika satu ginjal tidak berfungsi, ginjal lain akan menggantikan fungsinya. Akan tetapi, apabila kedua ginjal tidak berfungsi, hanya ada dua pilihan, yaitu melaksanakan basuh darah secara teratur atau cangkok ginjal. Cuci darah merupakan tindakan yang bersifat sementara untuk menolong penderita. Jika penderita telah menerima donor ginjal, cangkok ginjal merupakan pilihan yang terbaik.

Sekian uraian perihal Gangguan Penyakit pada Ginjal, biar bermanfaat. 
LihatTutupKomentar